Tips Melihat Reschedule Tiket Kereta Api Online

 

Bila kamu sudah bersiap akan melakukan suatu perjalan namun tiba-tiba ada suatu hal mendadak yang membuat perjalanan yang sudah kamu rencanakan itu terhalang, maka kamu tidak perlu khawatir. Ada hal yang bisa kamu lakukan. Caranya ialah dengan mengubah jadwal keberangkatan yang sudah direncanakan sejak awal ataupun membatalkannya.

Dahulu sistem reschadule kereta api masih dilakukan secara manual, kamu harus datang ke stasiun untuk mengantre dan mengubah jadwal keberangkatan. Namun saat ini sudah bisa dilakukan secara mudah dan praktis. Kamu bisa melakukan reschadule tiket kereta api online tanpa harus datang dan mengantre di stasiun. Dahulu kebanyakan orang lebih memilih menghanguskan tiket daripada harus mengurus prosedur reschadule yang rumit dan cukup lama.

Saat ini kamu tidak perlu lagi datang ke stasiun, cukup dengan melakukan reschadule tiket kereta api online yang sangat praktis. Kamu bisa merubah jadwal keberangkatan di aplikasi resmi Kereta Api Indonesia, KAI Access. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi PT Kereta Api Indonesia yang bisa kamu download di playstore dan di akses menggunakan smartphone android.

Sebagai pengguna dan penumpang setia kereta api alangkah baiknya kamu memiliki aplikasi KAI Acces ini di smartphone android kamu. Awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memesan tiket dan memesan makanan saja. Namun baru-baru ini aplikasi KAI Acces juga bisa digunakan untuk mengubah jadwal keberangkatan ataupun membatalkan tiket kereta api yang telah dipesan.

KAI Acces adalah aplikasi yang tidak hanya untuk melakukan reschadule tiket kereta api online tetapi juga bisa digunakan untuk memesan tiket secara online bahkan melakukan pembatalan tiket online. Reschadule tiket kereta api online via aplikasi resmi KAI Acces hanya dapat dilakukan pada H-1 atau 1×24 jam saja sebelum kereta berangkatan.

Langkah-langkah Reschadule Tiket Kereta Api Online

Bagaimana langkah-langkah untuk mengganti jadwal atau rescahdule tiket kereta api secara online tanpa harus ribet datang ke stasiun? Berikut adalah cara-cara reschadule tiket kereta api online melalui aplikasi di smartphone:

  1. Klik menu “My Trips”. Scroll ke bawah. Lalu klik “perubahan jadwal” (reschadule).

Untuk tiket yang dibeli lewat aplikasi lain juga bisa dirubah via aplikasi ini. Yang terpenting adalah kode booking jangan sampai lupa

  1. Klik menu “E-Ticket”, lalu tekan tombol “Ubah Jadwal”. Tombol ubah jadwal akan muncul jika kode booking tiket yang telah dipesan berstatus paid atau lunas.
  2. Kemudian pilih nama penumpang yang jadwalnya mau dirubah. Mencentang kolom syarat dan ketentuan pun tidak boleh ketinggalan.
  3. Kemudian, langkah selanjutnya ialah meneruskan ke proses pengubahan jadwal.
  4. Klik menu “Pesan Tiket”, kemudian cari tiket KA yang sesuai dengan jadwal baru Kamu. Kamu harus mengisikan stasiun keberangkatan (asal stasiun), stasiun yang akan dituju, kelas kereta api yang dikehendaki dan juga tanggal keberangkatan kemudian klik “Cari Tiket”.
  5. Selanjutnya akan muncul secara lengkap jadwal kereta api pada hari tersebut. Kamu bisa memilih dan mengganti jadwal keberangkatan yang baru sesuai dengan keinginan.
  6. Setelah itu pengkonfirmasian pemesanan akan muncul sebagai review pesanan tiket yang baru.
  7. Teliti terlebih dahulu dan pastikan data yang diisikan sudah sesuai. Kemudian centang kolom syarat dan ketentun dan klik tombol lanjut.
  8. Setelah klik lanjut, halaman konfirmasi pembayaran akan muncul sebagai review jumlah biaya yang harus dibawa, kemudian klik tombol pembayaran.
  9. Untuk metode pembayaran kamu bisa sesuaikan dengan keinginan karena sangat lengkap.
  10. Melalui menu “Pembayaran”, kamu bisa mengetahui total harga tiket yang baru. Klik tombol bayar untuk melanjutkan pemesanan.
  11. Selanjutnya, akan muncul tanda berhasilnya pemesanan tiket dengan jadwal baru. Data perjalanan baru yang kamu ubah akan berubah dan muncul di halaman menu “My Trips”. Kamu akan diberi batas waktu pembayaran selama satu jam atau enam puluh menit setelah mekakukan reschadule tiket kereta api.
  12. Jika pemesanan sudah selesai dan berhasil maka kamu akan mendapati tulisan “Selamat Pemesanan Berhasil”

Hal-hal yang Perlu Diketahui Saat Melakukan Reschadule Tiket Kereta Api

Bagi para traveler, traveling merupakan momen yng sangat menyenangkan. Namun jika momen tersebut terpaksa harus mundur karena suatu hal itu bukan merupakan masalah besar. Supaya uang tiket terselamatkan dan tidak hangus, kamu bisa merubah jadwal keberangkatan.

Dalam melakukan perubahan jadwal tiket kereta api ada beberapa hal yang penting untuk Kamu perhatikan, yaitu sebagai berikut…

  1. Jadwal keberangkatan kereta api bisa Kamu rubah pada hari yang berbeda asal masih ada kursi. Kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkan kereta api kelas yang sama saat melakukan reschadule.
  2. Selain dengan kereta api yang sama, kamu juga bisa merubah kereta api yang berbeda dengan jadwal keberangkatan yang sama ataupun kamu mengganti hari keberangkatan tersebut.
  3. Jadwal keberangkatan bisa kamu ubah apabila tempat duduk kereta api yang kamu pilih sesuai jadwal baru masih tersedia.
  4. Dalam melakukan perubahan jadwal ada batasan waktu. Pihak kereta api hanya memberikan waktu maksimal 24 jam sebelum keberangkatan kereta atau 1 hari sebelum kereta berangkat. Namun, jika waktunya mepet, Anda harus menuju loket untuk melakukan perubahan jadwal.
  5. Jika kamu membatalkan pemesanan tiket kereta api, kamu akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif kereta api diluar biaya pemesanan sesuai harga awal.
  6. Jika tarif kereta api dengan jadwal baru yang telah kamu pilih harganya lebih tinggi, maka kamu hanya perlu membayar selisih tarifnya saja tidak membayar dengan harga penuh.
  7. Sedangkan jika tarif kereta api dengan jadwal baru yang telah kamu tentukan memiliki tarif lebih rendah dari sebelumnya, kamu tidak akan diberi pengembalian bea atas selisih tarif.
  8. Perubahan jadwal keberangkatan bisa kamu lakukan di loket stasiun ataupun via online. Jikalau melalui loket stasiun, kamu harus mengantre dan menunggu agak lama. Sedangkan jika kamu melakukan reschadule via online, kamu harus memiliki koneksi yang cukup baik tetapi kamu tidak perlu mengantre dan menunggu lama layaknya melakukan reschadule di loket stasiun. Hal itu akan mempermudah dan hemat waktu.

Saat ini mengubah dan mengatur ulang jadwal pemberangkatan kereta api lebih mudah bukan?  Bagaimana menurutmu, cukup mudah bukan prosesnya? Tidak masalah jika harus melakukan reschadule tiket kereta api atapun pembatalan. Daripada uang tiket hangus, lebih baik kita antisipasi dengan cara lain.

Kamu hanya cukup mengetahui jadwal keberangkatan dan nama kereta. Hal itu sudah cukup membantumu dalam melakukan pengubahan jam keberangkatan. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat canggih, apapun bisa dilakukan secara instan dan mudah. Jadi melakukan reschadule tiket kereta api bukanlah suatu hal yang berat bagi siapapun, kamu bisa melakukannya melalui loket stasiun ataupun via online sesuai waktu dan kebutuhanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *